Sabtu, 30 Agustus 2014

Ceritaku : Pediatric, 1st junior clerkship

Sebenarnya, JC atau junior clerkship sudah dimulai sejak 2 minggu yang lalu. Namun, karena 2 minggu awal berupa pembekalan dan seperti kuliah biasanya, jadi terlihat kurang berkesan. Nah.. Minggu ini kurasa cukup berkesan. Kenapa?

Pertama, aku kebagian JC di bagian anak (pediatric). Bagian yg katanya cukup serem karena preseptornya galak-galak dan pinter abis, mempertanyakan kepiawaian berkomunikasi dengan anak-anak, dan keahlian dalam anamnesis dan pemeriksaan fisik karena anak bukanlah dewasa kecil.

Kedua, untuk pertamakalinya dalam 5 minggu kedepan. Kami (aku dan teman se tim ku) bisa lansung ketemu pasien anak. Alhamdulillah, anaknya sudah gede (10 tahun), kooperatif dan cerdas sehingga lansung bisa menerapkan jurus2 anamnesis dan pemeriksaan fisik. Namun, sungguh sangat disayangkan, kami belum siap dalam menggunakan jurus2 tersebut sehingga hasilnya minimal sekali. Nasihat yg dipetik : kedepannya lebih siap mengaplikasikan ilmu dalam anamnesis dan pemeriksaan fisiknya ya.. alias BELAJAR…

Ketiga, kamipun bisa membuat status pasien walau sangat banyak kekurangan karena anamnesis dan pemeriksaan fisiknya sangat minimal. Berikut status pasiennya :
“Seorang anak laki-laki (10 tahun) dibawa ibunya ke dokter karena sembab sejak 4 hari yg lalu, berawal dari kelopak mata, lalu kedua kaki, dan diikuti seluruh tubuh kecuali kedua lengan. Anak tidak demam dan tidak ada sesak. Pola makan teratur dan gizi cukup. BAB dan BAK tidak ada keluhan. Dalam 6 bulan terakhir, pasien pernah dirawat karena Sindroma Nefrotik dan mendapat steroid dan pernah remisi…………”

Terakhir, salah satu kata-kata preseptor yang selalu teringat dan memotivasiku untuk bersungguh-sungguh untuk siklus anak dalam JC ini adalah “untuk yang perempuan, kalian kan akan jadi ibu. Ilmu ini akan sangat berguna. Kita akan tahu apakah pertumbuhan dan perkembangan anak kita baik atau tidak, apakah anak kita cukup imunisasi atau tidak, dsb”

So… Hamasah !!!


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Terbaru

Tokoh Indonesia dan Nilai Berakhlak